Split Apple Rock, Batu Besar Terbelah Pedang Zeus

Split Apple Rock yakni formasi geologi batuan di Tasman Bay lepas pantai utara South Island Selandia Baru. Batu, dari jenis granit ini, terlihat menyerupai apel yang terbelah dua. Batu yang menjadi daya tarik wisata yang populer ini terletak di Laut Tasman sekitar 50 meter di lepas pantai antara Kaiteriteri dan Marahau.

Celah yang menghasilkan dua ‘sisi apel’ ini yakni proses alam. Ahli geologi mengatakan bahwa kerikil ini telah terbelah semenjak jaman es.

Saat itu beberapa air meresap ke dalam celah di kerikil dan ketika jaman es memuncak, suhu yang yang sangat rendah membekukan air yang meresap di kerikil dan dengan demikian memperbesar volume air yang menimbulkan kerikil terbelah dua.

Ada juga beberapa mitos mengenai kerikil belah ini, salah satunya mengatakan bahwa kerikil itu terbelah, menyerupai apel, oleh pedang Zeus ketika bertempur dengan Neptunus memperebutkan Dione. Zeus balasannya memenangkan pertempuran dan memperoleh Dione. Namun bagaimana kerikil ini mampu berada di New Zealand tetap menjadi misteri.

Mitos satu lagi berasal dari suku setempat, Maori, yang mengatakan bahwa dahulu ada dua yang kuasa yang tubruk memperebutkan batu. Namun setelah lelah berperang, balasannya dua yang kuasa tersebut memutuskan untuk membagi dua kerikil itu dan mengakhiri perkelahian mereka.

Sumber :
versesofuniverse