Pulau Eksotis Vila Franca do Campo di Kepulauan Azores

Terletak di tengah-tengah Atlantik, 1.369 km sebelah barat dari daratan Eropa, kepulauan Azores terdiri dari sembilan pulau yang tersebar di tiga kelompok.

Gunung berapi yang melahirkan pulau-pulau ini juga menciptakan pulau-pulau kecil atau islet, yang terletak tepat di lepas pantai utama.

Mungkin yang paling terkenal dari formasi kecil ini ialah Islet Vila Franca do Campo, terletak sekitar 500 meter dari pantai Pulau São Miguel, pulau terbesar dan paling padat penduduknya di kepulauan Azores.

Islet ini dinamai dengan nama kota Vila Franca do Campo, bekas ibukota São Miguel, yang terletak di seberang islet tersebut.

Islet Vila Franca do Campo dibentuk oleh kawah gunung berapi renta bawah laut. Islet yang sekarang diklasifikasikan sebagai cagar alam merupakan salah satu atraksi wisata utama di São Miguel, terutama alasannya kejuaraan dunia Red Bull Cliff Diving diselenggarakan di sini.

Dinding kawah dilapisi oleh vegetasi endemik, sementara di dalamnya ada sebuah danau alami yang hampir melingkar sempurna, yang terhubung dengan laut oleh susukan sempit. Saluran sempit ini disebut Boquete dan menghadap ke utara menuju pantai São Miguel.

Saluran ini memungkinkan untuk sirkulasi air antara laut dan laguna namun mencegah gelombang laut masuk laguna, sehingga memungkinkan kehidupan laut menyerupai krustasea, ikan dan ganggang berkembang disana.

Pulau tersebut telah digunakan untuk banyak sekali tujuan dan pernah menjadi pos untuk mencari para penangkap paus dan juga pernah sebagai benteng militer. Islet ini bahkan pernah digunakan untuk kebun anggur.

Pada tahun 1983 islet ini diakuisisi oleh Pemerintah Daerah dan pada tahun yang sama diklasifikasikan sebagai Cagar Alam, untuk melindungi spesies yang mendiaminya dari kehancuran. Pulau ini ialah rumah bagi banyak spesies burung, krustasea dan flora yang perlu dilindungi dari campur tangan manusia.

Setelah pernah terbuka sepanjang tahun, sekarang islet ini hanya dapat dikunjungi antara Juni dan September, di mana ada layanan perahu khusus yang mengambil penumpang dari Vila Franca ke islet ini setiap hari. Air jernih dari laguna dan pantai yang cantik sangat baik untuk berjemur, berenang, menyelam dan snorkeling.


Salah seorang penerima melaksanakan lompatan pada seri kejuaraan dunia Red Bull Cliff Diving 
di Islet Vila Franca do Campo, Azores, Portugal pada bulan 21 Juli 2012.

Sumber :
versesofuniverse