Peta Jalur Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kepercayaan Hindu–Buddha

Peta Jalur Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kepercayaan Hindu–Buddha Pada sekitar kurun ke2 hingga dengan 5 Masehi, diperkirakan telah masuk agama dan kebudayaan Buddha ke Indonesia. Kemudian disusul pengaruh Hindu ke Indonesia pada kurun ke5 Masehi. Agama dan budaya HinduBuddha dibawa ke Indonesia oleh para pedagang dan pendeta dari India atau Cina, masuk ke Indonesia mengikuti dua jalur.


Para penyebar agama dan budaya Hindu –Buddha yang menggunakan jalur laut datang ke Indonesia mengikuti rombongan kapalkapal para dagang yang biasa beraktivitas pada jalur India–Cina. Rute perjalanan para penyebar agama dan budaya Hindu Buddha, yakni dari India menuju Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, kemudian ke Nusantara. 

Peta Jalur Masuk Hindu BuddhaSementara itu, dari Semenanjung Malaya ada yang terus ke Kamboja, Vietnam, Cina, Korea, dan Jepang. Di antara mereka ada yang pribadi dari India menuju Indonesia dengan memanfaatkan bertiupnya angin muson barat.


Para penyebar agama dan budaya Hindu –Buddha yang menggunakan jalur darat mengikuti para pedagang melalui Jalan Sutra, dari India ke Tibet terus ke utara hingga dengan Cina, Korea, dan Jepang. Ada juga yang melaksanakan perjalanan dari India utara menuju Bangladesh, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya kemudian berlayar menuju Indonesia.

Demikianlah Materi Peta Jalur Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kepercayaan Hindu–Buddha, biar bermanfaat.