Mengapa Ponsel Tak Boleh Dipakai di Dalam Pesawat Terbang?

Menggunakan ponsel di dalam pesawat terbang, baik sedang mengudara maupun dikala pesawat sedang berada di darat, berpotensi membahayakan keselamatan seluruh penumpang dan awak pesawat. Di samping itu, juga melanggar kepantasan dan tata krama.

Ponsel harus dimatikan, tidak hanya di switch biar tidak berdering, selama berada di dalam pesawat. Ulangi: selama berada di dalam pesawat. Ini penting ditegaskan, alasannya ialah banyak orang menyimpulkan sendiri bahwa ponsel hanya potensi ancaman dikala pesawat mengudara.

Dengan memahami daftar gangguan ini, kita menyadari bahwa bukan saja dikala pesawat sedang terbang, tetapi dikala pesawat sedang bergerak di landasan pun terjadi gangguan yang cukup besar jawaban penggunaan ponsel. Kebisingan pada headset para penerbang dan terputus-putusnya bunyi menimbulkan penerbang tak dapat mendapatkan aba-aba dari menara pengawas dengan baik. Potensi kecelakaan masih dapat terjadi di darat dikala pesawat sedang bergerak menuju pintu embarkasi (gate) alasannya ialah gangguan komunikasi Gangguan di Darat. Sebenarnya, secara teknis, penggunaan ponsel di dalam penerbangan lebih mengganggu sistem telekomunikasi di darat (terestrial) ketimbang gangguan pada sistem pesawat terbang. 

Seperti kita ketahui, ponsel tidak hanya mengirim dan mendapatkan gelombang radio, melainkan juga meradiasikan tenaga listrik untuk menjangkau BTS (Base Transceiver Station). Sebuah ponsel dapat menjangkau BTS yang berjarak 35 kilometer. Artinya, pada ketinggian 30.000 kaki, sebuah ponsel mampu menjangkau ratusan BTS yang berada di bawahnya (Di Jakarta saja diperkirakan ada sekitar 600 BTS yang semuanya dapat sekaligus terjangkau oleh sebuah ponsel aktif di pesawat terbang yang sedang bergerak di atas Jakarta). Overloading terhadap BTS alasannya ialah penggunaan ponsel di udara, dapat sangat mengganggu para pengguna ponsel di darat.
Sebagai makhluk modern, sebaiknya kita ingat bahwa pelanggaran hukum ialah juga pelanggaran etika. Tidakkah kita aib dianggap sebagai orang yang tidak peduli akan keselamatan orang lain, melanggar hukum, dan sekaligus tidak tahu tata krama?
Sekiranya kita terbang menggunakan pesawat, bersabarlah sebentar. Semua orang tahu kita memiliki ponsel. Semua orang tahu kita sedang bergegas. Semua orang tahu kita orang penting. Namun, demi keselamatan bersama, demi sopan santun menghargai sesama, janganlah mengaktifkan ponsel selama di dalam pesawat terbang. Aktifkan ponsel Anda setelah berada di gedung terminal.