Malaikat Mendatangi Pembaca Al-Qur’an

0
10

Abu Sa’id Al-Khudri ra. meriwayatkan,  bahwa pada suatu malam, Usaid bin Hudhair membaca Al-Qur’an di kandangnya. Tiba-tiba kudanya melompat-lompat. Lalu, ia membaca Al-Qur’an lagi dan kudanya kembali  melompat-lompat.

Hal  ini  membuatnya khawatir  karena  anaknya yang berjulukan Yahya berada  di  dekat  kandang. Ia takut  kuda  yang melompat itu akan menginjak anaknya.

Usaid kemudian mendekati kudanya, ketika itu ia melihat sejenis awan yang di dalamnya berisi cahaya berada di atas kepalanya. Kemudian, awan itu naik ke atas sampai ia tidak dapat melihatnya lagi. Ia sangat heran dengan kejadian itu.


Malaikat Mendatangi Pembaca Al Quran
Keesokan harinya, Usaid menemui Rasulullah saw. dan menceritakan kejadian yang dialaminya semalam. Ketika ia bercerita bahwa ketika ia membaca Al-Qur’an kudanya melompat-lompat, Rasulullah saw. kemudian bersabda, “Hai Usaid bin Hudair, bacalah Al-Qur’an,” maka Usaid pun membacanya. Kemudian Usaid melanjutkan ceritanya, ketika ia bercerita bahwa ada sejenis awan berisi cahaya naik ke atas sampai ia tidak dapat lagi melihatnya,

Rasulullah  saw.  bersabda,  “Itulah  para  malaikat yang mendengarkan bacaan Al-Qur’anmu. Jika kau membacanya terus maka para malaikat itu akan ada sampai waktu Subuh, sehingga insan melihatnya tanpa halangan apa pun.”