Layar Sentuh Antibakteri Pertama di Dunia, Bunuh Bakteri Saat Disentuh

Seiring dengan kemajuan teknologi, standar alat komunikasi masa kini tak lain berbentuk tablet dan ponsel dengan layar sentuh. Tapi justru di balik penampakannya yang bersih, bersama-sama ada jutaan kuman yang bersarang di sana.

Yang tak kalah mengerikan, menurut riset ribuan kuman-kuman itu dapat mengembangkan bibit penyakit dan menimbulkan diare.

Untuk mengatasi problem ini, sebuah perusahaan pembuat kaca, keramik dan sejenisnya dari AS yang berjulukan Corning Incorporated menciptakan permukaan beling antibakteri dan antimikroba pertama di dunia yang pribadi mampu membunuh basil ketika disentuh.

Tak tanggung-tanggung, display yang diberi nama Gorilla Glass itu dilengkapi dengan biro antibakteri yang mengandung ion-ion perak dan dapat membunuh 99,9 persen kuman yang menempel di permukaan display. Demikian dilansirDaily Mail.

Sejauh ini ion-ion perak sudah banyak digunakan di rumah sakit dan perangkat medis lainnya. Misalnya ion-ion ini telah dicampurkan ke dalam banyak sekali krim, plester, dan pembalut serta sebagai lapisan antibiotik pada banyak sekali perangkat medis.

Kelebihan ion perak yang disebut dengan ‘bioaktif’ ini yaitu dapat membunuh basil yang ada di permukaan ketika disentuh oleh jari maupun tangan. Dan ini aman kalau digunakan oleh insan dan mempunyai kadar racun yang rendah. Lagipula berbeda dengan spray antibakteri pada umumnya, ion perak ini tidak memudar dan tak dapat dihapus.

Display itu kini dipamerkan di Consumer Electronics Show di Vegas dan tengah diujicoba oleh banyak sekali perusahaan. Suatu hari nanti, display ini diperlukan dapat digunakan sebagai pelapis pada jendela, furnitur kantor, layar ponsel pintar, tablet, kalkulator serta perangkat lainnya.

“Gorilla Glass ini dapat menghambat pertumbuhan lumut, jamur, dan basil alasannya properti antimikroba di dalamnya, yang telah terpasang di dalam beling dan efektif untuk digunakan seumur hidup sebuah perangkat,” terperinci James R. Steiner, wakil presiden dan manajer Corning Specialty Materials.

Bahkan Corning juga mengklaim display ini dapat ditambahkan fitur antimikroba lagi tanpa melemahkan si kaca. Selain antigores, mikroba tak dapat hidup di dalam permukaan kaca.

Gorilla Glass sendiri sudah dipergunakan dalam sejumlah produk Samsung Galaxy, Nexus 7 dan 10 jenis tablet dari Google, Sony Bravia NX dan TV seri HX.

Sumber :
detik