La Piedra Del Penol, Batu Raksasa 10 Juta Ton dengan Jahitan di Kedua Celahnya

La Piedra Del Penol, dalam bahasa Spanyol yang artinya “Batu di El Penol”, juga dikenal dengan nama La Piedra, yakni watu besar yang terletak di kota Guatapé, di Antioquia, Kolombia.

10 juta ton watu menjulang setinggi 200 meter dari dataran sekitarnya, terlihat dari jarak bermil-mil di sekitar kota.

Batu besar ini, hampir seluruhnya mulus, hanya memiliki satu celah yang memanjang dari atas ke bawah di salah satu sisi. Di celah ini, terdapat 649 anak tangga batu, yang terlihat seperti menyerupai jahitan raksasa pada watu semoga tidak pecah.

Bagian atas watu besar ini terdapat tempat berpagar dengan kios-kios untuk membeli souvenir. Penjual makanan menata meja-meja di luar ruangan di mana pengunjung dapat menikmati makanan ringan dengan sebotol bir sambil menikmati pemandangan yang luar biasa yang membentang sampai ke cakrawala di setiap arah.

Batu raksasa ini terletak bersahabat perbatasan dua kota Guatapé dan El Penol. Kedua kota mengklaim kepemilikan watu ini. Pernah suatu ketika, penduduk Guatapé memutuskan untuk menyelesaikan duduk perkara kepemilikian ini dengan mengecat nama kota pada watu ini dalam abjad putih besar.

Tidak butuh waktu lama bagi penduduk El Penol untuk melihat apa yang sedang dikerjakan penduduk Guatape, dan massa yang besar dikumpulkan untuk menghentikannya.

Hanya abjad “G” dan sebagian abjad “U” yang sempat dituliskan oleh penduduk Guatape. Dua abjad raksasa ini masih dapat dilihat pada sisi utara batu.

Batu ini pertama kali secara resmi didaki pada bulan Juli 1954 oleh tiga pendaki menggunakan stick yang ditanam dalam celah batu. Tangga yang ada sekarang ini dibangun setelah itu.

Sumber :
versesofuniverse