Fungsi Feedburner Dan Rssfeed Untuk Blog ?

0
16 views

Apa itu FeedBurner dan RSSFeed dan apa fungsi keduanya untuk blog? melalui artikel ini mudah-mudahan sanggup memahami istilah tersebut secara jelas.
 
Feed Burner atau RSS Feed barangkali tidak aneh ditelinga  para blogger, tetapi untuk sebagian orang awam yang gres mengenal dunia internet, kata Feed  Burner sanggup jadi merupakan sebuah istilah yang gres dikenal dan belum difahami secara terang apa itu Feed Burner !, artikel berikut mudah-mudahan sanggup membantu memahami wacana apa itu Feed Burner ?.

Apa itu Feed Burner ?

Feed Burner ialah “sebuah layanan” teknologi internet yang salah satu fungsinya sanggup membantu para blogger atau pemilik situs untuk memfasilitasi mempublikasikan dan mempromosikan dengan segera setiap artikel yang sudah mereka terbitkan.

Teknoligi yang disajikan Feed Burner identik dengan teknolgi RSS Feed (really simple syndication) “mempersatukan sesuatu menjadi benar-benar mudah”, merupakan sebuah teknologi yang dipakai jutaan pengguna internet di seluruh dunia untuk terus memperoleh informasi terbaru dari blog atau website favoritnya, antara Feed Burner dan RSS Feed ialah hal yang serupa dan mempunyai tujuan yang sama, hanya istilah yang membedakan diantara keudanya, adapun tujuannya adalah:

  1.  Memberikan informasi kepada pembaca setia, melalui layanan email milik pembaca mengenai artikel terbaru yang sudah dibentuk atau diterbitkan oleh pemilik Blog atau Situs, 
  2. Memberikan Feed back atau umpan balik kepada si pembuat artikel mengenai kegiatan pembaca terhadap artikel yang sudah mereka buat,  sekaligus sanggup meningkatkan trafik kunjungan situs web/blog yang mereka miliki.

Pertanyaanya  ialah ? bagaimana si pembaca sanggup mengetahui artikel terbaru yang diterbitkan blog/situs favorit mereka, padahal mereka tidak mengunjungi blog favorit mereka setiap waktu, kemudian bagaimana si pemilik blog atau situs, membuatkan informasi artikel gres mereka ke setiap pembaca setia blog mereka.
Sebuah proses yang akan menguras tenaga bila seandainya si pemilik blog harus menunjukkan kabar kepada setiap pembaca setia mereka melalui email secara manual !, dengan adanya teknologi Feed  para Blogger atau Pemilik situs tidak usah khawatir, alasannya ialah dengan memanfaatkan teknologi Feed permaslaahan diatas sanggup ditangani dengan lebih mudah.

 Cara Kerja Feed Burner

Ada dua sisi yang sanggup dilihat untuk memahami cara kerja feed burner secara lengkap, yang pertama ialah dari sisi blogger atau pemilik situs yang berperan sebagai pembuat artikel atau yang menerbitkan artikel, dan yang kedua ialah dari sisi pembaca artikel yang berperan sebagai pembaca setia dari blog favoritnya.

Feed Bunner Dari Sisi Blogger atau Si Pemilik Situs

Untuk Mendapatkan dan memakai layanan Feed, Pemilik Blog atau situs harus melaksanakan pendaftaran ke sebuah layanan feed untuk mendaftarkan alamat blog atau situs miliknya, salah satu layanan feed yang sanggup dipakai ialah feedburner.com sebuah layanan gratis milik google yang cukup dikenal ketika ini.

Dengan melaksanakan Registrasi Pemilik Blog sanggup memperoleh script Code Widget yang sanggup ditambahkan atau ditempel kedalam script blog miliknya, salah satu script widget yang sanggup diperoleh ialah script widget untuk subscrib email, (Fasilitas Langganan Melalui Email),  ketika pembaca informasi memasukan email miliknya melalui akomodasi ini, pembaca informasi secara otomatis akan mendapat informasi terbaru mengenai artikel yang diterbitkan melalui email yang mereka masuka.

Feed Bunner dari Sisi Pencari/Pembaca Artikel

Untuk sebuah blog yang sudah menmanfaatkan layanan Feed, blog akan menyajikan widget khusus bagi para pembaca berita,  yang diperoleh dari layanan Feed, Pembaca informasi sanggup memakai Widget tersebut, Misal Widget untuk Subcrib Email, Para pembaca yang tertarik dengan artikel yang diterbitkan, bila tertarik untuk menjadi pelanggan, pembaca sanggup berlangganan dengan cara memasukan email miliknya melalui widget subscrib email yang disediakan, dengan demikian setiap artikel terbaru yang diterbitkan oleh pemilik blog atau situs, akan secara otomatis diinformasikan kepada para pembaca setia melalui email miliknya.

Barangkali Bukan hanya subscrib email saja, masih banyak akomodasi Feed yang sanggup dimanfaatkan oleh para blogger atau pemilik situs dalam upaya memaksimalkan blog yang mereka miliki.

Yang paling penting untuk menarik minat pengunjung terhadap blog atau halaman situs yang kita miliki, selalu berusaha keras untuk menyajikan artikel yang segar dan berkualitas. apapun yang kita upayakan dengan maksial akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa.

Semoga bermanfaat.


Sumber http://strukturkode.blogspot.com