Fenomena Bunga Es (Frost Flowers)

Bunga Es atau Frost Flowers sangatlah cantik namun sayangnya, bunga ibarat ini sangatlah langka, alasannya yaitu butuh kondisi yang sempurna semoga bunga es ini tebentuk. Bunga es yang terlihat pada tanaman dan kayu ini bukanlah embun (uap air) yang membeku yang biasa disebut frost. Kaprikornus penamaannya agak sedikit membuat bingung.

Bunga es biasanya terbentuk pada pagi hari di final demam isu gugur atau awal demam isu cuek ketika lapisan es yang sangat tipis didorong keluar dari batang tanaman atau kadang kala kayu. Ekstrusi ini menciptakan contoh cantik yang melengkung dan melipat dan menjadi ibarat dengan bunga yang cantik sehingga fenomena ini dinamakan bunga es.

Awal demam isu cuek dan final demam isu gugur yaitu waktu yang optimal bagi bunga es untuk terbentuk, alasannya yaitu suhu udara harus berada pada titik beku (atau dibawah) namun suhu tanah harus lebih hangat atau belum berada pada titik beku.

Ketika suhu udara mencapai titik beku (atau di bawah titik beku) cairan (getah) di batang tanaman akan mengembang, menimbulkan celah tipis terbentuk sepanjang batang.

Air kemudian didorong keluar (merembes) melalui celah tersebut oleh agresi kapiler dan membeku ketika kontak dengan udara. Karena semakin banyak air yang didorong keluar, lapisan es tipis pun terdorong menjauh dari batang, menimbulkan “kelopak” tipis bunga es terbentuk.

Efek bunga es juga terjadi pada pohon berkayu, meskipun kayu tersebut telah menjadi pagar atau atau gerbang, ibarat yang terlihat di atas. Dalam hal ini air diekstrusi melalui pori-pori di kayu (bukan celah) membentuk dawai/benang es yang tipis yang terlihat sangat ibarat rambut sehingga disebut sebagai “rambut es” atau “jenggot beku”.

Jika Anda menemukan bunga es, hati-hati! Janganlah mencoba untuk mengambilnya, jikalau Anda memiliki kamera atau ponsel, abadikanlah ia sebagai gantinya. Bunga es yang sangat halus biasanya akan pecah bila disentuh.

Tidak hanya itu, alasannya yaitu dibuat ibarat lembaran tipis es, mereka akan mencair ketika matahari terbit lebih tinggi di langit. Anda mungkin tidak akan melihat bunga es lagi pada hari berikutnya, kecuali jikalau kondisinya tepat. Kaprikornus besar kemungkinan bahwa bunga es pertama yang Anda lihat yaitu bunga es terakhir Anda.

Sumber :