Akibat Berbuat Riya’

0
13

Sesungguhnya orang yang pertama kali diadili pada hari selesai zaman yaitu seseorang yang mati syahid, beliau akan dihadapkan kepada Allah. Maka Yang Mahakuasa menyampaikan kenikmatan-Nya dan ia pun mengenal kenikmatan itu, Yang Mahakuasa bertanya, “Karena apa engkau berbuat demikian?” Dia menjawab, “Aku berperang sebab Engkau, sampai saya  mati  syahid.”  Allah  berfirman,  “Kamu  dusta!  Kamu berperang  karena ingin disebut pahlawan!” Maka Yang Mahakuasa memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu dan mencampakkannya ke dalam neraka.

Setelah itu, seseorang yang berguru dan mengajar ilmu agama dan yang suka membaca  Al-Qur’an dihadapkan  kepada  Allah.  Maka  Allah  memperlihatkan kenikmatan-Nya dan ia pun mengenal kenikmatan itu. Lalu Yang Mahakuasa bertanya, “Karena apa  engkau  berbuat  demikian?”  Dia menjawab,“Aku berguru  dan  mengajar ilmu dan  membaca  Al-Qur’an  karena  Engkau.”  Allah  berfirman, “Kamu dusta! Kamu berguru dan mengajar supaya disebut ulama, dan kau membaca Al-Qur’an supaya disebut Qari!” Maka Yang Mahakuasa memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu dan mencampakkannya ke dalam neraka. 

Kemudian  seorang  kaya  raya  dihadapkan  kepada  Allah.  Maka  Allah menyampaikan kenikmatan-Nya dan ia pun mengenal kenikmatan itu. Lalu Yang Mahakuasa bertanya,  “Karena  apa  engkau berbuat  demikian?”  Dia  menjawab,  “Aku  tidak membiarkan  satu  jalanpun  yang  patut  diberi infaq,  kecuali  jika  infaqkan hartaku untuknya sebab Engkau.” Yang Mahakuasa berfirman, “Kamu dusta!” Kamu berbuat demikian supaya disebut dermawan!” Maka Yang Mahakuasa memerintahkan malaikat untuk menyeret orang itu dan mencampakkannya ke dalam neraka.