10 Bunga Cantik dengan Bentuk yang Unik dan Aneh

Di dunia ini ada banyak sekali jenis bunga. Selain mawar, melati, krisan dan sebagainya, ada banyak jenis bunga yang cantik. Tapi bentuknya juga banyak yang unik dan bahkan terkesan aneh.

Ada bunga yang bentuknya mirip angsa terbang, ada yang mirip kepala monyet, ada yang mirip pria tanpa busana, bahkan ada yang bentuknya mirip hati berdarah. Berikut ini 10 bunga dengan bentuk unik dan bahkan mampu dibilang aneh:

1. Monkey Face Orchid

Ada wajah simpanse yang tercetak di atas kelopak anggrek ini. Ini benar-benar alami, bukan editan foto, bukan dilukis dengan kuas. Bunga anggrek jenis ini memang tumbuh dengan motif mirip wajah monyet.

Nama bunga ini ialah Dracula simia atau lebih dikenal dengan nama Monkey Face Orchid atau Anggrek Wajah Monyet. Seperti wajah simpanse yang mampu berekspresi, bentuk wajah simpanse di bunga ini bermacam-macam, ada verbal wajah simpanse yang sedang gembira, ada yang sedih.

2. Bleeding Heart Flower

Nama bunga ini cukup menyeramkan, yaitu Dicentra spectabilis atau lebih dikenal dengan nama ialah Bleeding Heart Flower, atau Bunga Hati Berdarah. Mengapa disebut bunga Bleeding Heart?

Anda mampu melihat bentuknya yang unik, mirip bentuk hati yang utuh dan sama persis mirip hati merah jambu di kartu-kartu cinta.

Bunga berbentuk hati ini ada dalam aneka macam warna, ada yang merah muda pucat, putih atau hampir merah. Sayangnya, Bleeding Heart tidak tumbuh di semua negara. Bunga ini tumbuh di negara beriklim sejuk. Ukuran bunga ini tidak terlalu kecil, biasanya tumbuh memanjang dan bergerombol.

3. Bee Orchid

Yang satu ini juga termasuk keluarga anggrek, mirip bunga wajah monyet. Nama bunga ini ialah Ophrys apifera atau lebih dikenal dengan nama Bee Orchid atau Anggrek Lebah. Tidak perlu dijelaskan kenapa diberi nama mirip itu, alasannya bentuknya memang mirip lebah.

Bunga ini memiliki kelopak warna ungu yang cantik, dan bab yang bentuknya mirip badan lebah gendut. Yang unik lagi dari bunga ini, bab yang mirip lebahnya membentuk aksen mirip wajah yang tertawa lebar.

Bagian samping mirip tangan yang seolah mengajak bermain. Menyenangkan melihat bunga ceria ini ketika sedang sedih.

4. Flying Duck Orchid

Satu lagi keluarga anggrek yang memiliki bentuk unik, kali ini ialah bentuk angsa yang sedang terbang. Nama anggrek ini ialah Caleana major atau lebih dikenal dengan nama Flying Duck Orchid, atau Anggrek Bebek Terbang. Bunga ini tampak cantik dengan gradasi warna merah bau tanah dan ungu.

Yang cantik dari bunga ini tentu saja bentuk kelopaknya yang mirip angsa yang sedang terbang. Bunga anggrek ini gotong royong kecil dan akan tumbuh di batang yang sudah setinggi 50 cm. Bunga anggrek Bebek Terbang banyak dijumpai di Australia.

5. Lily of the Valley

Bunga yang satu ini punya ukuran sangat kecil. Kate Middleton memakainya sebagai salah satu bunga di buket ijab kabul yang beliau bawa. Nama bunga ini ialah Lily of the Valley, bentuknya mungil, yang membuatnya unik ialah bentuknya yang mirip lonceng terbalik.

6. Hanging Naked Men

Bunga yang unik ini benar-benar ada, mirip pria tanpa busana. Nama ilmiah bunga anggrek ini ialah Orchis italica, namun orang-orang lebih suka menamainya Hanging Naked Men atau Laki-Laki Yang Tergantung Tanpa Busana.

Dalam bentuk bergerombol, bunga ini tampak cantik dan tidak ada yang aneh. Namun bila Anda mendekatinya dan melihat lebih dekat, kelopak bunga ini memang mirip mirip pria yang tergantung tanpa busana. Bunga cantik ini banyak tumbuh di Eropa, khususnya di Spanyol.

7. Lady Orchid

Kalau yang satu ini mampu dikatakan pasangan si anggrek Hanging Naked Men. Namun bunga anggrek ini ialah Lady Orchid atau Anggrek Perempuan, nama ilmiahnya Orchis purpurea.

Mengapa disebut Lady Orchid? Karena kalau dilihat lebih dekat, bunga ini mirip perempuan memakai rok lebar yang sedang bergandengan tangan.

Bunga ini memang mirip dengan anggrek pria, bentuknya bergerombol, namun kalau dilihat satuan dan lebih dekat, bentuknya mirip wanita yang memakai rok.

Lady Orchid tumbuh dengan warna putih yang dihiasi dengan warna ungu gelap di bab pinggir dan bab tengah. Lucu ya, ada bunga yang sepasang mirip manusia.

8. Holy Ghost Orchid

Masih dari keluarga anggrek, Anda akan menemukan hal unik dari bunga yang satu ini. Namanya ialah Peristeria elata, namun lebih dikenal sebagai Holy Ghost Orchid.

Entah mengapa diberi nama demikian, alasannya yang tampak dari bunga cantik ini ialah seekor merpati di bab dalam kelopak.

Bunga anggrek ini berwarna putih cantik, sekilas tidak ada yang aneh. Namun kalau Anda mendekat ke arah bab tengah kelopak, ada bentuk yang mirip dengan seekor merpati yang sedang mengepakkan sayapnya. Bentuk merpati itu benar-benar mirip merpati sungguhan.

9. Osteospermum fruticosum

Sekilas, kalau melihat bunga ini, bentuknya tidak mirip bunga yang ada di Bumi. Kalau Anda menyukai film-film ihwal alien, pasti sering melihat bunga yang bentuknya mirip ini ada di planet lain. Namun ternyata, di Bumi juga ada bunga dengan bentuk kelopak unik ini.

Bunga ini tampak gila alasannya bab tengah kelopaknya menggulung ke bab tengah, sehingga tidak mirip kelopak bunga pada umumnya. Bunga ini sering disebut bunga Alien, nama ilmiahnya Osteospermum fruticosum. Sebenarnya cantik, walau sedikit agak ‘alien’.

10. The Kissing Flower

Bunga yang satu ini bentuknya mirip bibir yang sedang memakai lipstik warna merah menyala. Nama bunga unik ini ialah Psychotria elata atau lebih dikenal dengan nama The Kissing Flower atau Bunga Ciuman. Ada juga yang memberi nama The Hot Lips. Namanya juga secentil bentuknya.

Lihat deh, bunga ini kadang berbentuk bibir yang ingin mencium sesuatu. Bunga ini tumbuh secara alami dengan warna merah menyala.

Mudah tumbuh di kawasan tropis. Biasanya, bunga ini tumbuh liar di dalam hutan. Karena bentuknya yang unik, banyak yang menanam The Kissing Flower di kebun rumah.

Sumber :
vemale