Kumpulan Kata-Kata Motivasi, Nasehat Bijak dan Hikmah Bagian 1

Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia…

Dalam beberapa kesempatan, dalam sebuah situasi dan keadaan adakalanya terbesit sesuatu kalimat bijak yang terlintas dalam hidup saya yang sebagian besar telah saya jadikan status di Facebook saya. 

Sengaja saya share di sini, semoga bermanfaat bagi kita semua… Aamiin…

Berikut kata-kata motivasi, nasehat bijak dan pesan tersirat bab I (kesatu / pertama) :

1.      Murid yang hebat akan selalu memperhatikan kelebihan-kelebihan gurunya, dan guru yang hebat akan selalu memperhatikan kekurangan-kekurangan muridnya. (DJSN)
2.      Guru yang mengakui kekurangannya pada murid-muridnya berarti ia telah mengajarkan kejujuran serta kebijaksanaan yang “membumi” pada ketika itu juga. (DJSN)
3.      Guru yang paling disukai murid-muridnya ialah guru yang selalu bisa menjawab segala pertanyaan-pertanyaan muridnya dengan tanggapan sekaligus tindakan yang baik, benar, dan memuaskan pikiran serta hati murid-muridnya. (DJSN)
4.      Guru yg paling berhasil mendidik murid-muridnya ialah guru yg paling inspiratif. Ilmu dari seorang guru inspiratif akan dipahami murid-muridnya sebelum ia menyampaikannya. (DJSN)
5.      PELAJAR HEBAT itu tidak takut salah mencoba, tidak takut salah bicara, tidak takut atas segala atribut SALAH. Kalau masih takut salah, “SANG GURU KEHIDUPAN” TIDAK AKAN MEMBERIKAN HIKMAH DAN PENGALAMAN DI BALIK SEMUA PELAJARAN. (DJSN)
6.      Adakalanya orang arif kalah dengan orang terbelakang yang beruntung, tapi orang arif sering beruntung daripada orang yang bodoh. (DJSN)
7.      Jangan bilang wanita itu “racun dunia” ataupun dgn sebutan kalimat-kalimat negatif lainnya. Setiap dilahirkan dari setiap wanita yaitu ibu kita, dialah satu-satunya wanita yg rela mengorbankan hidupnya untuk kita dan pelengkap terbaik dunia ialah istri sholehah, tentu wanita juga bukan…?? (DJSN)
8.      Setiap perpisahan yg menyesakkan akan selalu diikuti dgn rindu yg syahdu, untuk itu saya tidak pernah menyesali akan setiap pertemuan. (DJSN)
9.      PUTUS CINTA pada hakikatnya mengajak kita mengalihkan relasi dari percintaan yang egois dan mistis ini menjadi relasi persaudaraan yang manis dan realistis. (DJSN)
10.    Konskwensi lebih banyak didominasi dari idealisme akan selalu membawa ke alam kesendirian, namun orang-orang hebat dan terdepan pada setiap masanya lebih banyak didominasi berasal dari kaum idealis sejati. (DJSN)
11.    Jadikan proses pencapaian sukses besarmu kelak dengan rangkaian-rangkaian sukses-sukses kecil yang telah anda berdiri ketika ini. (DJSN)
12.    Pertemuan yang dilanjulkan dengan perkenalan perkenalan, persahabatan, dan persaudaraan akan selalu menghasilkan yang terikat dalam tali silaturahmi. (DJSN)
13.    Butuh NASIONALISME oleh seluruh elemen bangsa dalam MEMPERJUANGKAN KEMERDEKAAN, selanjutnya NASIONALISME tetap diperlukan untuk MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN yang telah diraihnya itu. (DJSN)
14.    Terbukalah kepada semua, maka tabir dunia akan menyingkap rahasia-rahasia besar untuk Anda. (DJSN)
15.    Putus asa dan putus usaha akan mengakhiri setiap perjuangan, dan ini ialah salah satu paket istimewa dari syetan. (DJSN)
16.    Fokus pada tindakan selalu akan menghasilkan, sedang terlalu fokus pada resiko bisa menggagalkan rencana.”Beranilah untuk bertindak dan berguru banyak. RESIKO itu akan selalu melahirkan PELAJARAN-PELAJARAN BARU, dan ia hanya ada di tengah-tengah TINDAKAN. (DJSN)
17.    Tetap RAMAH meskipun lagi MARAH untuk membuktikan bahwa kita tak terlalu lemah. (DJSN)
18.    Dengan membaca Al-qur’an serta berusaha memahami artinya insya Allaah dalam waktu instan bisa menetralisir segala warna kesedihan, kekecewaan, penyesalan, kecemasan, dan kekhawatiran menjadi satu warna KEDAMAIAN. (DJSN)
19.    Tidak ada presepsi yang sama persis bagi setiap insan dalam menyikapi segalanya kecuali dibumbui dengan rasa saling menghargai dan menghormati di antara mereka. (DJSN)
20.    Hidup ini sangat cantik untuk dijalani dengan penuh kesadaran, jadi sayang kalau setiap momennya kita biarkan begitu saja tanpa pelajaran dan pengalaman. Life is the best ways for anyone to do anything. (DJSN)
21.    Tingkat wawasan ilmu pengetahuan dan abjad seseorang tidak mutlak dipengaruhi oleh status tingkat pendidikannya, tapi mutlak karena efektifitas BELAJAR-nya. Lalu jadilah “Sarjana-Sarjana Sejati”, Profesor-Profesor Ahli” produk dari “Universitas Alam Semesta” ini. (DJSN)
22.    Saat ini saya kembali sangat rindu kepada ketiadaan, kehampaan, tanpa rasa, tanpa karsa, tanpa cita dan tanpa cinta, kembali larut dalam kuasa Sang Sumber Kehidupan, ibarat dulu ketika saya belum dilahirkan. (DJSN)
23.    Hampir setiap kerusakan insan berakar dari ketidakpuasan akan segala keadaan hidupnya. (DJSN)
24.    Yang paling kubenci ialah kebodohan-kebodohanku dan yang paling kusuka ialah keberuntungan-keberuntunganku. (DJSN)
25.    Bayang-bayang akan selalu berlawanan dengan arah datangnya cahaya. Dekatilah cahaya itu, semakin bersahabat engkau dengan sumber cahaya, semakin berkurang bayanganmu, kalau engkau berhasil berada sempurna di bawah sumber cahaya itu, bayanganmu pasti sirna.
26.    Semakin bersahabat ketaqwaan kita kepada allaah swt, semakin jauh kita meninggalkan kegelisahan. (DJSN)
27.    Segala tindakan diri yang tidak mau diketahui oleh orang yang baik menjadi membuktikan bahwa tindakan itu berkemungkinan besar tidak baik. (DJSN)
28.    Bingung dan sesak sesaat itu BIASA sebagai membuktikan bahwa otak dan hati kita masih BEKERJA. (DJSN)
29.    Aku sangat menghargai semua pendapat sobat yang menyertakan alasan, dan saya akan lebih menghormati pendapat sahabat yang bernuansa nasehat. (DJSN)
30.    Saat ini mungkin kita bukan siapa-siapa, justru inilah alasan sempurna untuk menciptakan identitas diri dengan segera. (DJSN)
31.    Tetap TENANG ketika masalah datang dan tetap SENANG walau hati terguncang, pada mulanya ini ialah PAKSAAN, selanjutnya menjadi KEBIASAAN. (DJSN)
32.    Selalu bersyukur atas segala hasil dan usaha bukan hanya menjadi auto sugesti dan pemancar aura kasatmata eksklusif kita, ia juga menjadi salah satu karena “bonus dan surprise Allaah” yang tiada pernah kita sangka akan menghampiri kita. (DJSN)
33.    Batas dari kesabaran ialah KETEGASAN. (DJSN)
34.    JADIKAN HIDUP SELALU BERNILAI IBADAH. Pada setiap kejadian yang menimpa serta terjadi dalam setiap kehidupan kita, terkadang kita sulit bahkan gagal dalam membedakan “maksud Tuhan”; antara kebanggaan dan teguran, antara cobaan dan peringatan, antara hadiah dan hukuman, namun yang pasti, semua itu ialah “ajakan sekaligus panggilan Tuhan” untuk kita semua semoga senantiasa memperbaiki kualitas hidup kita yang senantiasa berorientasi kepada pemikiran-pemikiran, perasaan-perasaan, dan tindakan-tindakan penuh kebaikan serta kemanfaatan yang semakin bersahabat dengan kehendak-Nya. (DJSN)
35.    Waktu ini sungguh terlalu singkat untuk memahami setiap ilmu dan pesan tersirat di dalamnya, namun belum terlambat untuk mulai mempelajarinya. (DJSN)
36.    Adanya kesalahan-kesalahan diri yang sudah terjadi dan tidak bisa dihindari sering menjadi motivasi untuk melaksanakan kebaikan-kebaikan diri di lain sisi. (DJSN)
37.    Kesombongan seseorang sama sekali tidak dapat mensugesti kehidupan seseorang yang terbiasa rendah hati. Justru di hadapan mereka, kesombongan ini ialah indikasi rendah dan lemahnya diri dengan semua yang ada pada dirinya. (DJSN)
38.    Untuk sekedar ingin tahu saja, maka berguru dan latihannya cukup satu kali. Tapi kalau berambisi paham sampai menjadi profesional dan ahli, maka berguru dan latihannya perlu berkali-kali. (DJSN)
39.    Setiap orang yang dapat bertindak berdasarkan priotas serta kualitas bukan hanya karena rutinitas maupun formalitas semata ialah CERDAS. (DJSN)
40.    Semakin tinggi VISI semakin berpengaruh MOTIVASI. (DJSN)
41.    Rasa senang yang masuk di logika itu namanya SUKA dan rasa senang yang masuk ke hati itu namanya CINTA. (DJSN)
42.    Berhati-hatilah dalam membenci dan mencintai seseorang, benci bisa berubah cinta, cinta pun bisa berubah benci, karena untuk keduanya kita menggunakan SATU HATI YANG SAMA. (DJSN)
43.    Ide itu hadiah Yang Mahakuasa melalui otak kita, feeling itu hadiah Yang Mahakuasa melalui hati kita, gerak reflek itu hadiah Yang Mahakuasa melalui indera kita. (DJSN)
44.    Kebanggaan atas segala kelebihan tanpa melibatkan nama Yang Mahakuasa ialah kesombongan. (DJSN)
45.    Kemuliaan kaum Adam ada pada pikiran dan tanggung jawabnya, sedang kemuliaan kaum Hawa ada pada perasaan dan kelembutan kasih sayangnya. (DJSN)
46.    Untuk yakin perlu alasan, alasan akan selalu sebanding dengan keyakinan. (DJSN)
47.    Ciptakan alasan-alasan di setiap area iman dan logismu, sampai TIADA LAGI ALASAN UNTUK GAGAL, gagal menjadi insan seutuhnya, gagal menjalani hidup yang berkualitas baik. (DJSN)
48.    Konsentrasi serta fokus dalam setiap tindakan itu menghemat waktu. (DJSN)
49.    Seringkali kesedihan-kesedihan itu menjadi sinyal akan adanya kesalahan-kesalahan. (DJSN)
50.    Di dalam jiwa yang sehat terdapat iman yang kuat. (DJSN)

Hosting Unlimited Indonesia


Sumber http://www.salamedukasi.com