Jantung Buatan Pertama di Dunia Berhasil Dicangkokkan

Jantung buatan sungguhan pertama berhasil bekerja atau berdetak di badan seorang pria Perancis berusia 75 tahun. Pria itu menerima transplantasi jantung lewat operasi selama 10 jam di Georges Pompidou European Hospital seminggu sebelum Natal tahun ini.

Tak menyerupai jantung buatan yang hanya ditargetkan bekerja sampai ada donor jantung, jantung buatan berjulukan “Carmat” ini ditargetkan bisa menggantikan fungsi jantung selama 5 tahun serta memungkinkan pemiliknya menjalankan acara normal.

“Kita telah melihat alat menyerupai ini sebelumnya, tapi semuanya punya otonomi yang rendah. Jantung buatan ini memungkinkan lebih banyak gerak dan risiko penggumpalan lebih sedikit,” kata Alain Carpentier, orang yang menciptakan jantung buatan ini.

Carpentier, menyerupai dikutip situs Smithsonian Magazine, mengatakan bahwa jantung buatan yang dikembangkannya mendekati yang sebenarnya, bisa secara otomatis mengatur kontraksi dan relaksasinya.

Dalam jantung buatan itu, terdapat sensor dan prosesor mikro yang bisa memantau perubahan internal badan sehingga bisa mengatur ajaran darah sesuai yang dibutuhkan. Aliran bisa lebih cepat atau lambat sesuai dengan acara penggunanya.

Karakteristik itu membedakan jantung buatan ini dengan yang sebelumnya. Jantung buatan lain berdetak secara konstan sehingga penggunanya harus mencegah acara berlebihan atau akan mengalami kelelahan dengan cepat.

Bagian luar jantung buatan itu terbuat dari jaringan otot sapi. Dengan terbuat dari jaringan makhluk hidup, risiko penggumpalan yang biasa muncul kalau jantung buatan dibuat dengan materi artifisial bisa dikurangi.

Carmat dikembangkan selama 25 tahun. Saat ini, uji coba jantung buatan ini pada insan sudah diperbolehkan di Perancis, Belgia, Polandia, Slovenia, dan Arab Saudi. Uji coba pada insan akan dilakukan sampai tamat 2014. Jika lancar, jantung buatan ini bisa dipasarkan tahun 2015.

Meski mungkin terdengar menjanjikan, jantung buatan ini mungkin terlalu mahal untuk dijangkau banyak orang. Biaya pembuatan jantung ini bisa mencapai 29,5 miliar.              

Hosting Unlimited Indonesia

Sumber :
kompas